Konsultasi Dokter Apa Itu ? || Berikut Penjelasannya!

Konsultasi Dokter Apa Itu ? || Berikut Penjelasannya!

Konsultasi Dokter Apa Itu ? || Berikut Penjelasannya! 2560 2560 Yudha Pratama

FAST Clinic, Jakarta – Terkadang ketika mengalami sesuatu entah itu penyakit atau gejala yang timbul di dalam tubuh, ingin rasanya menanyakan kepada seseorang apakah itu. Namun dari kegelisahaan tersebut terjawab dengan adanya konsultasi dokter umum. 

Konsultasi dokter umum sama halnya dengan konsultasi kesehatan. Hal ini merupakan kegiatan pertemuan antara pasien dengan dokter,  Tujuan dari konsultasi ini adalah menanyakan dan bercerita mengenai keluh kesah yang dialami dalam kategori kesehatan.

Selain itu konsultasi juga merupakan tindakan dalam pencegahan atau menghentikan perkembangan berbagai macam penyakit yang memiliki dampak atau resiko dikemudian hari.

Apa Saja Manfaat Konsultasi Dokter Umum?

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa berkonsultasi dengan dokter adalah syarat untuk mendapatkan resep obat dari penyakit yang dideritanya. Tapi apakah kamu tahu bahwa berkonsultasi juga dapat menguntungkan kita dalam segi “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Nyatanya Dalam hal kesehatan berkonsultasi dengan dokter dapat membuat kita pemantauan atau persiapan dalam menghadapi berbagai macam penyakit diantaranya:

  1. Diabetes,
  2. Hipertensi,
  3. Ortopedi (Sendi dan tulang),
  4. Kardiologi (Kondisi dan masalah jantung),
  5. Neurologi (Sistem saraf),
  6. Entomologi (Saluran pencernaan), dan
  7. Dan lain-lain.

Selain dari mendiagnosis berbagai macam penyakit ada manfaat lain juga dalam berkonsultasi dengan dokter ada:

  1. Berkonsultasi mengenai penyakit,
  2. Mendapatkan diagnosa yang tepat,
  3. Menyesuaikan jenis obat, dan
  4. Menyesuaikan dosis obat.

Siapa Saja Yang Dapat Berkonsultasi Dengan Dokter?

Mungkin ada yang menanyakan untuk siapa dan mengapa ketika seseorang berkonsultasi dengan dokter. Memang ada baiknya jika berkonsultasi dengan dokter ketika pada situasi atau keadaan sedang membutuhkannya. Namun siapa saja yang dapat berkonsultasi dengan dokter? berikut pembahasannya

1. Karena Yang Membutuhkannya

Setiap orang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari memang berbeda-beda, sama halnya dengan kesehatan. Saat kita kecil kita sangat membutuhkannya ketika kita ingin tahu sistem kekebalan tubuh apa yang cocok bagi tubuh kita. Atau dengan mengetahui masalah kesehatan yang mungkin saja dapat mempengaruhi kesehatan pada kehidupan nantinya.

2. Karena dibutuhkan

Umumnya di dunia pekerjaan banyak perusahaan atau organisasi yang menganjurkan karyawannya atau anggotanya melakukan konsultasi ke dokter untuk masalah kesehatannya. hal ini dilakukan agar ketika atasan atau HCD nya mengetahui bagaimana kesehatan dan kesejahteraan karyawannya masing-masing.

3. Pemeriksaan Dini

Ada benarnya ketika seseorang menerapkan pemeriksaan dini untuk menghalau penyakit di tubuh di kemudian hari. Pemeriksaan dini akan memberikan kesempatan awal pasien untuk melawan dan mengantisipasi penyakit-penyakit berbahaya seperti:

  • Kanker,
  • Penyakit Jantung,
  • Kolesterol,
  • Infeksi,
  • Stroke,
  • Diabetes melitus,
  • Alzheimer,
  • Tuberkulosis,
  • Sirosis, dan
  • HIV.

4. Menjaga Kesehatan Menyeluruh

Teruntuk seseorang yang ingin menjalani hidup sehat dan tenang berkonsultasi dengan dokter pasti akan sangat dibutuhkan. meskipun seseorang tersebut mengalami bertambahnya usia serta pernah mengalami suatu penyakit di masa lalunya berkonsultasi dapat membantunya untuk mengatasi dalam pemantauan dan perkembangan pasien.

Hal ini bertujuan untuk melihat bagaimana kondisi pasien, mengendalikan penyakit, meningkatkan kualitas hidup, mencegah masalah kesehatan kedepannya, kemampuan bergerak dan memperpanjang usia pasien.

5. Rekomendasi

Biasanya dalam hal rekomendasi adalah ketika dokter yang pertama keterbatasan dalam membantu penyakit yang diderita oleh pasien dan akhirnya dirujuk atau di rekomendasi ke dokter yang lebih spesialis. 

Tetapi ada juga ketika rekomendasi dalam hal berkonsultasi dengan dokter adalah anjuran atau ajakan dari teman yang sudah menjalankan pola hidup sehat.

Bagaimana Cara Berkonsultasi Dengan Dokter?

Saat ini cara yang mudah dilakukan setiap orang ketika ingin berkonsultasi dengan dokter terdapat 2 cara yang pertama dapat berkonsultasi dengan dokter secara online misalkan:

  1. Halodoc
  2. Alodokter
  3. FAST Klinik
  4. Go-Dok
  5. ProSehat
  6. PakDok 

Disini kalian dapat menanyakan berbagai hal dan keluhan terhadap masalah kesehatan kalian. tak hanya itu kalian juga dapat berkonsultasi mengenai pasca berobat atau pengobatan yang dapat dilakukan ketika kondisi kalian sudah tidak memungkinkan lagi ketika berobat sendiri.

Lalu cara yang kedua adalah langsung berkonsultasi dengan dokter atau langsung mengunjungi dokter umum atau spesialis. namun ketika kalian melakukan konsultasi antar tatap muka langsung ada baiknya kalian membuat temu janji agar si dokter dapat memberikan waktunya dengan kalian.