Cara Menghadapi Suhu Panas di Indonesia

Cara Menghadapi Suhu Panas di Indonesia

Cara Menghadapi Suhu Panas di Indonesia 2251 2251 Yudha Pratama

Cara menghadapi suhu panas di indonesia? Pada saat beberapa bulan lalu, tersebar kabar cuaca di negara Indonesia akan sangat semakin panas 2-3x lipat. Terlepas benar atau tidaknya kabar tersebut, saat ini memang Indonesia tengah dilanda cuaca panas.

Kondisi ini terjadi karena sebagian wilayah Indonesia akan memasuki musim kemarau sehingga suhu pun semakin meningkat. Menurut berita dari BMKG, bahwa suhu panas saat ini akan berlangsung hingga pertengahan bulan Juli, terutama pada wilayah Jakarta dan Tangerang.

Maka dari itu cuaca yang panas akan membuat kita malas beraktivitas ke luar rumah. Apalagi, jika terus menerus terpapar suhu panas dapat menyebabkan heat stroke atau sengatan panas. Maka dari itu akan membuat kondisi tubuh jadi mudah lemas dan sering berkeringat. Bila dibiarkan, bisa-bisa  memicu tumbuhnya jamur dan rasa gatal pada kulit karena lembab.

Cara Menghadapi Suhu Panas di Indonesia?

Anda tidak perlu khawatir dalam menghadapi suhu panas di Indonesia, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami memiliki beberapa solusi yang bisa Anda lakukan, selain menggunakan kipas angin dan AC (Air Conditioner). Mari kita  bahas bersama pada artikel ini.

  1. Menghindari Matahari,
  2. Konsumsi Buah dan Sayur,
  3. Perbanyak Minum Air Putih,
  4. Menghindari Pakaian Tebal,
  5. Rendam Kaki,
  6. Tidak Melakukan Olahraga Berat,
  7. Menutup Jendela Rumah, dan
  8. Menggunakan Pendingin Ruangan.

Saat menghadapi suhu panas saat ini yaitu dengan cara menghindari sinar matahari secara langsung. Anda usahakan agar tetap tinggal di dalam rumah saat udara sangat panas, yaitu mulai dari pukul 11.00-16.00.
Namun ketika Anda memang terpaksa harus keluar rumah, cobalah berjalan di tempat yang teduh atau gunakan alat pelindung, seperti payung dan topi.

Anda bisa lakukan konsumsi Buah dan sayur, karena jenis makanan tersebut mengandung air yang cukup tinggi. Selain minum air, Anda bisa mengonsumsi sayur dan buah tersebut untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kemudian, kurangi juga konsumsi makanan asin. Soalnya, makanan tinggi garam bisa membuat Anda jadi cepat haus, lapar, dan dehidrasi.

Kemudian untuk cara ketiga yaitu perbanyak minum air putih, karena cuaca panas bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi, Anda perlu minum air putih yang banyak untuk menjaga suhu tubuh dan mengganti cairan tubuh yang hilang. Setidaknya, kamu harus minum air sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari. Ketika Anda diharuskan bekerja di luar, bawalah botol minum untuk memastikan Anda tetap terhidrasi. Lalu, pastikan Anda menghindari minuman kafein.

Suhu panas tentu membuat kita lebih mudah berkeringat. Jadi, Anda perlu menggunakan pakaian dengan bahan tipis dan longgar untuk mengurangi rasa gerah yang melanda. Pakaian yang berbahan katun bisa Anda gunakan saat cuaca panas, karena akan menyerap keringat dan kain katun juga memiliki pori-pori dalam sirkulasi udara yang membuat kita merasa lebih sejuk.

Jika Anda merasa kegerahan, Anda bisa merendam kaki ke dalam baskom atau ember yang berisi air dingin selama beberapa menit. Karena itu telah dipercaya bisa menyegarkan pikiran dan membuat tubuh jadi lebih sejuk. Selain merendam kaki, Anda juga bisa mandi air dingin dan membasuh tubuh, mulai dari kaki, tangan, hingga kepala agar terasa lebih segar.

Ketika Anda sering melakukan olahraga berat ditambah dengan keadaan cuaca yang sangat panas bisa membuat suhu tubuh meningkat drastis. Jadi Anda nantinya akan mudah kegerahan dan berkeringat, serta akan menyebabkan dehidrasi. Lebih baik Anda coba untuk melakukan olahraga ringan, seperti situp, naik turun tangga atau olahraga renang. Tetapi Anda harus memastikan untuk memakai tabir surya dalam melindungi kulit dari sengatan matahari.

Selanjutnya Anda bisa untuk menutup jendela rumah yang menghadap ke arah sinar matahari langsung. Selain ditutup bisa juga Anda gunakan tirai tebal atau penutup jendela agar panasnya cahaya matahari tidak menembus sampai ke dalam rumah. Lalu Anda juga bisa mematikan lampu saat siang dan malam hari ketika tidak digunakan, terlebih jika Anda menggunakan lampu pijar, karena lampu tersebut bisa membuat panas ruangan dan akan terasa lebih gerah dan pengap.

Kemudian untuk yang terakhir, Anda bisa memanfaatkan alat pendingin untuk menyejukkan tubuh dan ruangan. Ada banyak pilihan penyejuk udara yang bisa Anda pakai, mulai dari kipas angin, AC, hingga air cooler.

Dari penjelasan diatas itu dia beberapa tips untuk dapat bertahan di cuaca panas yang bisa Anda ikuti. Pastikan juga Anda menjaga kondisi tubuh agar tetap prima di cuaca yang sedang panas ini, agar tidak mudah lelah dalam beraktifitas. Terima kasih atas waktunya sobat Fast, telah membaca artikel kali ini & semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.