Suntik Vitamin C || Kelebihan dan kekurangannya?

Suntik Vitamin C || Kelebihan dan kekurangannya?

Suntik Vitamin C || Kelebihan dan kekurangannya? 2250 2251 Yudha Pratama

FAST Clinic, Jakarta – Suntik vitamin merupakan suatu kebutuhan dalam pola hidup sehat, yang membuat suntik vitamin ini menjadi trend adalah dapat membuat kulit menjadi cerah. Namun apakah trend suntik vitamin ini sudah terbukti manfaatnya? yuk simak penjelasan dibawah ini! Suntik vitamin C adalah sebuah metode perawatan kulit yang sering digunakan oleh wanita. Praktek ini banyak memiliki manfaat yang sudah teruji klinis, namun mempunyai efek buruk juga bagi tubuh.

Pada suntik vitamin C zat senyawa antioksidan yang dapat melindungi kerusakan pada sel-sel akibat paparan radikal bebas. Namun vitamin C juga tak hanya didapatkan dari suntikan saja tetapi bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti :

Makanan:

  1. Jambu merah,
  2. Cabai merah,
  3. Jeruk,
  4. Paprika,
  5. Buah kiwi,
  6. Brokoli,
  7. Pepaya, dan
  8. Strawbery.

Minuman :

  1. Jus tomat,
  2. Jus cranberry,
  3. Jus jeruk,
  4. Jus grapefruit,
  5. Jus strawberry,
  6. Jus kiwi,
  7. Melon, dan
  8. Jus Nanas.

Cara Menggunakan Suntik Vitamin C

suntik vitamin C

Cara penggunaan disuntikan pada tubuh terdapat dua cara yakni :

  1. intramuskular adalah penyuntikan vitamin C dengan cara disuntik melalui otot pada tubuh, cara penyuntikan ini lebih cepat dibandingkan cara subkutan, karena suplai darah lebih besar ke otot tubuh.
  1. subkutan adalah penyuntikan obat atau vitamin C ke dalam hipodermis, yakni lapisan kulit yang ada di bawah dermis. Penyuntikan subkutan ini sangat efektif dalam memberikan obat atau vitamin kepada pasien.

Berapa Dosis Pemberian Vitamin C Pada Orang Dewasa?

Umumnya pemberian dosis pada orang dewasa sekitar 70 hingga 150 miligram. Namun jika seseorang tersebut menderita Skorbut atau kekurangan vitamin C pada tubuhnya, akan diberikan vitamin C pada tubuh sekitar 300 miligram hingga 1 gram. Sesuai dengan kebutuhan harian vitamin C pada manusia.

Berapa Harga Suntik Vitamin C?

Umumnya untuk harga suntik vitamin C di rumah sakit dan juga klinik kesehatan berkisaran antara Rp 200.000,00 hingga dengan Rp 350.000,00 ke atas. Namun Anda juga bisa mencari diskon pada klinik kecantikan dengan harga yang lebih fantastis. Tetapi perlu diperhatikan juga apakah produk yang diberikan bodong atau tidak.

Apa Saja Manfaatnya

Vitamin C sangat diperlukan pada tubuh karena manfaatnya, vitamin C ini banyak ditemukan pada makanan yang mengandung vitamin C, suplemen. Lantas apa saja manfaat yang didapatkan, berikut penjelasannya:

1. Menjaga Sistem Imun

Memang betul sistem imun dapat terjaga dengan mendapatkan vitamin C. Namun tak hanya suntik vitamin C, banyak juga ditemukan pada suplemen atau vitamin berbentuk pil yang sangat diperlukan untuk menjaga stamina dan imun tubuh. Umumnya vitamin C ini digunakan ketika seseorang mempunyai banyak aktivitas diluar.

Biasanya orang-orang beranggapan bahwa vitamin C yang diberikan dengan suntikan lebih praktis dibandingkan dengan meminum suplemen di setiap harinya. Tapi dibidang kedokteran hal ini masih menimbulkan banyak perdebatan dan kontra mengenai efektifitasnya pada orang-orang yang mengkonsumsi vitamin C.

2. Merawat Kulit

Suntik vitamin C sama halnya dengan penggunaan vitamin C yang digunakan pada kulit. Banyak yang beranggapan bahwa dengan menggunakannya maka bisa membuat kulit terhindar dari keriput dan kemerahan. Tetapi pada kenyataannya belum ada uji klinis yang berhasil membuat statement ini benar.

Selain itu suntik ini juga tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang,  alias harus dilakukan oleh tenaga ahli medis yang dilakukan di rumah sakit besar atau klinik kesehatan yang mumpuni. Karena jika sampai salah langkah dalam melakukan suntik vitamin C maka dapat menyebabkan masalah pada tubuh. 

3. Menjaga Tubuh Kekurangan Vitamin C (Defisiensi)

Jika seseorang mengalami kekurangan vitamin C pada tubuhnya, maka akan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Salah satu contoh penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C adalah Skorbut. Jika seseorang mengalami penyakit skorbut ini akan mengalami beberapa gejala diantaranya:

  • Tubuh lemas,
  • Nafsu makan berkurang,
  • Mual,
  • Diare, dan
  • Demam.

Dan jika seseorang mengalami penyakit ini ada baiknya melakukan suntik vitamin C untuk memenuhi kebutuhan vitamin C didalam tubuhnya.

4. Membantu Pembentukan Kolagen

Kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun organ tubuh manusia. Keberadaannya di dalam tubuh kurang lebih mencapai 30% jika dibandingkan dari seluruh protein yang terdapat dalam tubuh. Kolagen ini adalah struktur organik yang membangun tulang, gigi, sendi, otot, dan juga kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap berbagai tekanan.

5. Menghambat Sel Kanker

Ada sebuah riset yang melakukan bahwa dengan menggunakan suntik vitamin C dapat membantu pencegahan perkembangan sel kanker. Sel kanker yang dapat dicegah antara lain tumor otak, tumor ovarium dan juga tumor pankreas. Namun riset dan penelitian ini masih belum bisa digunakan pada manusia, karena belum ada hasil uji klinis yang efektif.

Kekurangan & Efek Samping Suntik Vitamin C

Ketika Anda sudah beranggapan bahwa suntik vitamin penuh dengan manfaatnya, ternyata semua hal yang dilakukan berlebihan akan ada dampaknya. Sama halnya dengan suntik vitamin C, jika digunakan secara terus menerus akan memberikan efek samping pada tubuh di usia lebih lanjut. Jadi apa saja kekurangan dan efek samping dari penggunaan suntik vitamin C? berikut penjelasannya

1. Diabetes

Sudah dilakukan sebagai uji klinis bahwa suntik vitamin C dapat menyebabkan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan vitamin C yang diberikan pada tubuh mengandung glukosa, sehingga gula didalam darah dapat meningkat dan mengakibatkan penyakit diabetes. Jadi sangat tidak disarankan bahwa kaum hawa yang ingin suntik vitamin C tetapi ia menderita diabetes. Karena vitamin C yang diberikan di dalam tubuh adalah dengan dosis yang tinggi.

2. Mengurangi kinerja ginjal

Jika seseorang menggunakan suntik vitamin C pada tubuhnya, akan membuat organ ginjal semakin terbebani. Mengapa? karena vitamin C yang berlebihan pada tubuh membuat ginjal semakin kelelahan dalam mengelola cairan tersebut. Sehingga fungsi dan kinerjanya menurun dan dapat menyebabkan penyakit ginjal.

3. Menopause Dini

Maksud dari menopause dini adalah berhentinya ovarium ketika memproduksi sel telur, sehingga menghasilkan hormon estrogen dengan jumlah yang rendah. Yang artinya si wanita tersebut tidak bisa lagi memproduksi kehamilan. Hal ini tentu akan membuat sebagian wanita kebingungan karena pasalnya menopause akan terjadi pada usia 50 tahun ke atas. Namun jika menggunakan praktik ini maka akan terjadi menopause lebih dini, sekitar umur 30 hingga 40 tahun sebelum waktu normalnya.

Nah jadi tadi itu beberapa penjelasan lebih dekat mengenai apa itu suntik vitamin C. Jika Anda ingin melakukannya ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan. Sekarang sudah banyak platform yang menyediakan konsultasi gratis dan juga berbayar mengenai semua kendala Anda.